RSS

Pengucapan “Violence” dan “Hoax” yang Benar

01 Jun

Minggu lalu, kedua kata di atas sempet menggelitik perasaan ketika digunakan seorang pembicara dalam sebuah forum lokakarya yang saya hadiri; bukan karena pemaknaannya yang salah, tetapi karena pengucapannya yang membuat orang yang paham mengernyitkan alis dan dahi. Mari kita telaah bersama bagaimana cara pengucapan violence–yang artinya kekerasan–dan hoax–yang artinya tipuan–yang benar.

Kita mulai dengan kata violence. Kata ini seharusnya diucapkan “vaiyelens” dengan meminjam sistem pembunyian bahasa Indonesia, bukan “vielens”.

Violence

Nah, bagaimana dengan kata hoax? Perlu dicatat bahwa cara pengucapannya yang benar adalah “howks”, bukan “hoaks”.

Hoax

Sampai di sini dulu momen beragih dari saya. Mudah-mudahan bermanfaat. Sampai bertemu lagi!

 
8 Comments

Posted by on June 1, 2011 in False English

 

Tags: , , , ,

8 responses to “Pengucapan “Violence” dan “Hoax” yang Benar

  1. Vavai

    June 1, 2011 at 5:48 pm

    Thanks buat pembelajarannya pak, bermanfaat agar tidak selip lidah lagi.

     
    • Budhi Adrianto

      June 2, 2011 at 6:57 am

      Sama-sama, Pak.πŸ™‚ Mudah-mudahan semua orang yang berjodoh mampir ke blog ini memiliki pikiran dan perasaan yang sama.

      Pak, saya berencana mengintegrasikan materi video dan suara untuk pembelajaran bahasa Inggris dalam blog ini, tetapi ternyata hanya image saja yang bisa saya upload. Setelah saya pelajari, ternyata saya harus “upgrade video” untuk bisa melakukan itu dan itu berbayar. Apakah benar begitu, Pak? Apakah ada cara lain untuk mengatasi masalah ini supaya tidak berbayar? Mohon pencerahannya, Pak.

      Satu lagi, Pak. Untuk menambah fasilitas PayPal di blog bagaimana caranya yah, Pak? Thanks.

       
      • Vavai

        June 3, 2011 at 9:04 am

        Tidak harus berbayar pak. Paling mudah adalah video-nya di upload ke Youtube, nanti code di youtube bisa dipublish di blog bapak. Kalau butuh bantuan silakan kabari.

        Untuk PayPal, apakah bapak sudah punya account PayPal-nya. Untuk keperluan donasi atau apa ?

         
        • Budhi Adrianto

          June 3, 2011 at 1:48 pm

          Pak Vavai, terima kasih.

          Ternyata tadi malam saya berhasil mengunggah media suara dari Merriem-Webster ke blog ini.πŸ™‚ Untuk video, sudah kebayang caranya. Masalahnya saya perlu alatnya untuk merekam bahan pembelajaran berbasis video yang kualitas gambarnya cukup bagus. Rencananya sih pengen buat video tutorial a la Khan Academy (http://www.khanacademy.org/). Tinggal beli digital pen-mouse. Masih rencana.

          Tentang PayPal, saya belum punya account-nya. Cara buatnya bagaimana yah, Pak? Iya rencananya 2 bulan ke depan, saya mau pantau apa blog ini cukup layak untuk dipertahankan dan dikembangkan untuk membantu khalayak ramai dalam pembelajaran bahasa Inggris. Kalau iya, saya berniat membuka jalur donasi karena untuk mengadakan bahan ajarnya memang memerlukan biaya. Pertanggungjawabannya juga akan saya publish sehingga transparan dan akuntabel. Insya Alloh. Mohon pencerahannya, Pak. Thanks.

           
  2. iwan

    June 1, 2011 at 10:04 pm

    bener pak, saya kadang suka bilang ke temen kalo ada email ‘hoax” , ngomongnya gini pak ” wah.. hoaks tuh..!” trus temen balik ngomong “oo hoaks ya!!”
    ikutan salah juga…

     
    • Budhi Adrianto

      June 2, 2011 at 7:01 am

      πŸ˜€ Karena Pak Iwan sekarang sudah tahu, teman Pak Iwan itu diberi tahu juga yah, Pak? Lebih baik lagi kalau beliau diajak berkunjung ke blog ini.πŸ˜‰

       
  3. Ayi Kania Gumelar

    June 2, 2011 at 10:46 am

    I think, we should watch more Harry Potter films to get good and clear pronunciation… ^,^

     
    • Vavai

      June 3, 2011 at 9:03 am

      The problem is : I don’t like Harry PotterπŸ˜› , both films, comic & books.

       

Leave a Reply

 
