RSS

Barber Shoops? Apaan tuh?

30 May

Barber Shoops? Apaan tuh?

Sepulang dari warung es doger yang ternyata tutup, saya sekeluarga secara kebetulan melewati tempat cukur pada gambar di atas. Kebetulan pula, lampu lalu lintas sedang merah saat itu. Ketika kebosanan mulai hinggap akibat lampu merah yang lama, saya iseng melihat-lihat pemandangan sekitar dan membentanglah tulisan itu di depan mata saya. Dengan panik saya buru-buru mengeluarkan HP dan mengambil gambar. Bagi penggila Internet, saya salah satunya, gambar semacam ini bagaikan harta karun yang “wajib” diunggah guna mengundang komentar “peselancar Internet” lainnya.

Baik, mari kita siapkan pisau bedah analisis untuk mengkaji kosa kata menarik di atas. Pertama-tama, penulisan yang benar adalah shop, bukan shoop; sepertinya kata shoop bukanlah sebuah kata dalam bahasa Inggris, entah dalam bahasa lain. Kedua, saat itu saya hanya melihat satu tempat cukur. Artinya, penulisan katanya seharusnya menanggalkan huruf ‘s’ yang biasanya digunakan untuk menunjukkan jumlah jamak suatu benda. Dengan kata lain, seharusnya kata tersebut ditulis shop. Ketiga, saya tantang Anda untuk mencari kata barber shop dalam kamus. Saya yakin hasil pencarian Anda akan nihil. Akan tetapi, sekarang coba cari kata barbershop dalam kamus. Kali ini saya yakin Anda akan datang kepada saya dengan senyuman. Kenapa? Ketemu kaaaan?🙂

Barbershop

Mudah-mudahan kita bisa memetik pelajaran dari kesalahan penulisan dalam papan reklame di atas. Sampai jumpa lagi dalam kiriman tulisan saya berikutnya!

 
2 Comments

Posted by on May 30, 2011 in False English

 

Tags: , , , ,

2 responses to “Barber Shoops? Apaan tuh?

  1. Rahmat Ilahi

    June 1, 2011 at 4:36 am

    subhanalloh.., Dahsyat..
    ternyata memang benar, salah penulisan akan berdampak terhadap salah makna, bahkan tidak memilki makna sama sekali

     
    • Budhi Adrianto

      June 1, 2011 at 1:56 pm

      Betul, Pak Rahmat, tetapi janganlah hal ini sampai menyebabkan ketakutan untuk menggunakan bahasa Inggris. Rajin-rajinlah menggunakannya agar semakin terbiasa dan lancar. Hanya saja, bertanyalah dahulu kepada Kang Kamus atau Gan Google sekiranya kita tidak merasa yakin akan penulisan kata tertentu.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: